Generator Honda Seri EZ3000CX Yang Cocok Untuk Pekerjaan Ringan

Seringkali suatu genset memiliki harga yang cukup tinggi, sehingga membuat banyak orang mengurungkan niat membeli genset. Padahal genset itu amat beragam rentang harganya karena tergantung banyak hal seperti spesifikasi, fitur dan lain sebagainya. Misalnya saja seperti genset honda yang memiliki banyak sekali produk dengan harga yang sangat beragam juga.

Jika tujuan penggunaan genset adalah untuk tujuan profesional maka genset Honda terbaik yang paling cocok adalah seri Genset – EZ6500CXS. Tetapi genset dari honda dengan seri tersebut memang memiliki harga yang cukup tinggi. Harga tinggi yang ditawarkan tentu berbanding lurus dengan kualitas dan kemampuan genset itu sendir, jadi dapat dipastikan penggunanya tidak akan kecewa. Tetapi jika dirasa genset honda seri tersebut terlalu berat, maka ada alternatif lain yaitu seri EZ3000CX.

Secara performa kedua genset asli buatan honda tersebut sama saja yakni daya tahan lama, awet, tidak  banyak getaran dan lain sebagainya. Hanya untuk seri EZ3000CX memang lebih dirancang untuk penggunaan beban ringan saja. Selain itu fitur yang tersemat pada genset tersebut juga hanyalah fitur dasar dari honda.

Meski dikatakan dirancang untuk penggunaan beban ringan tetapi bukan berarti performa genset ini tidak baik. Justru genset ini hadir sebagai solusi orang-orang yang membutuhkan genset dengan harga di bawah seri sebelumnya namun dengan kualitas tak kalah baik. Jadi keliru rasanya apabila ada yang berpendapat bahwa seri genset EZ3000CX adalah seri gagal dari seri sebelumnya.

Pengguna setia genset honda terbaru tentu akan paham benar bagaimana pihak honda merancang segala produk mereka. Pasalnya honda memang selalu memperhatikan kebutuhan para penggunanya, bukan hanya berorientasi pada keuntungan perusahaan semata. Adanya seri ini sebetulnya merupakan bukti konkret, karena jika honda tidak peduli akan kebutuhan para pengguna, maka mereka tidak akan mengeluarkan seri ini dan lebih mengedepankan seri sebelumnya tau bahkan seri genset dengan spesifikasi lebih rendah .

Sebagai penutup pembahasan kali ini, disarankan kepada siapa saja yang hendak mencari genset, terutama genset honda untuk mempertimbangkan faktor kebutuhan terlebih dahulu. Apalagi honda sebagai produsen genset ternama memiliki klasifikasi genset sendiri yaitu genset profesional, home dan leisure.

 

 

Tagged : /

Keunggulan Genset Silent Yang Jarang Diketahui

 

Selama ini genset silent dikenal sebagai salah satu jenis genset terbaik di pasaran. Daya yang dihasilkan cukup tinggi namun tidak menimbulkan suara bising layaknya genset konvensional. Oleh sebab itu, wajar saja jika harga jual genset silent dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan jenis genset lainnya. Namun, selain itu semua, apa saja kelebihan genset silent yang jarang diketahui oleh orang lain? Berikut penjelasannya.

  1.   Body yang kuat

Untuk bisa meredam suara bising dari genset, genset silent memiliki body yang kuat dan mampu menyerap kebisingan tersebut. Hal inilah yang menjadi kunci utama dari genset silent. Desainnya yang kuat, mampu menyerap kebisingan membuat genset ini terlihat lebih menarik dan kokoh dibandingkan genset lainnya.

  1.   Tahan terhadap cuaca ekstrem

Berkat body genset yang kokoh dan kuat, genset silent cenderung lebih tahan terhadap cuaca yang cukup ekstrem. Misalnya saja sinar matahari yang menyengat ataupun hujan deras sehingga sering diletakan di luar ruangan. Akan tetapi sebaiknya kalian pastikan jika bagian luar genset silent tidak bocor sehingga mencegah air untuk masuk dan merusak komponen di dalamnya.

  1.   Perawatan yang mudah

Sama seperti mesin genset lainnya, genset silent juga perlu perawatan rutin agar tetap bekerja secara optimal. Akan tetapi, dibandingkan dengan mesin genset konvensional, genset silent lebih mudah dirawat dan biayanya juga tidak terlalu besar. Meskipun diawal harga genset silent cukup mahal tapi mengingat biaya perawatannya yang cukup murah maka membeli genset tersebut tentu bisa menguntungkan.

  1.   Memiliki banyak pilihan

Jika biasanya genset silent identik dengan genset berkapasitas besar maka saat ini ada banyak genset portable yang tidak berisik. Hal ini dikarenakan adanya teknologi inverter yang memungkinkan kalian menggunakan genset rumahan dengan suara yang cukup pelan. Bahkan,banyak diantaranya yang mengklaim jika suara yang dihasilkan tidak lebih dari 50 dB.

Seperti yang disebutkan sebelumnya,saat ini genset silent telah hadir dalam berbagai ukuran dan kapasitas. Jika kalian ingin membeli genset silent berkapasitas kecil maka kalian hanya perlu mengetikan kata kunci “jual genset silent” di internet lalu kalian bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Mungkin terkesan kurang menyakinkan tapi di saat pandemic seperti sekarang,membeli secara online adalah cara terbaik.

 

Tagged : /

Kekurangan Genset Yanmar Yang Sebaiknya Dimengerti

Genset Yanmar merupakan salah satu dari sekian banyak merek genset favorit yang ada di tanah air. Selain karena memiliki reputasi yang bagus, kualitas terutama daya tahan mesin Yanmar memang sudah terbukti sehingga harga jual genset Yanmar masih terhitung bagus meskipun sudah bekas bapai sekalipun. Namun, sama seperti semua mesin lainnya, genset Yanmar juga memiliki beberapa kekurangan. Apa saja kekurangannya? Berikut deretan kekurangannya.

  1.   Harganya tergolong tinggi

Sebagai genset dengan kapasitas besar, genset Yanmar tentu memiliki harga yang lumayan tinggi. Akan tetapi, dibandingkan dengan genset merek lain Yanmar bisa dikatakan memiliki harga yang lebih tinggi untuk produk yang sama. Sebagai perbandingan, harga genset silent dari Yanmar berkapasitas 5 KVA bisa dibandrol dengan harga sekitar Rp 50 jutaan. Bandingkan dengan merek lain yang rata-rata hanya dibandrol dengan harga Rp 10-15 jutaan.

  1.   Ukurannya cukup besar

Sebagaimana ukuran genset berkapasitas besar lainnya, ukuran genset Yanmar juga termasuk besar dan berat. Ukuran genset berkapasitas paling kecil saja bisa mencapai 170-300 kg. Bandingan dengan genset dengan kapasitas yang lebih besar. Hal ini tentu menjadi masalah dalam pengiriman. Jika kalian tinggal di kota kecil yang jauh dari distributor resmi maka kalian bisa saja menanggung biaya pengiriman yang sangat besar. Oleh sebab itu, sebelum membeli genset ini pikirkan baik-baik tentang pengirimannya.

  1.   Dealer belum merata

Berdasarkan situs resmi Yanmar, meskipun saat ini dealer Yanmar sudah mulai banyak tersebar di luar pulau Jawa tapi untuk sementara belum ada dealer resmi Yanmar di Papua. Padahal, selama ini yang kalian ketahui Papua jika infrastruktur listrik di sana belum terlalu bagus sehingga keberadaan genset tentu sangat dibutuhkan.  Untuk jumlahnya sendiri keberadaan dealer Yanmar masih banyak ditemukan di pulau Jawa khususnya di kota Jakarta.

Meskipun genset Yanmar memiliki kekurangan, tapi sebenarnya hal tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap kualitas mesin genset tersebut. Selama ini genset Yanmar memang dikenal sebagai genset yang awet sehingga tidak perlu perawatan yang terlalu rumit. Selain itu, tempat jual genset Yanmar juga semakin banyak bermunculan di internet terutama di saat pandemi seperti sekarang.

 

 

 

Tagged : /

Mengenal Tipe Genset Open dan Genset Silent

Pemadaman listrik di suatu daerah sering terjadi dan hal ini terkadang menganggu kegiatan yang sedang dilakukan, untuk mencegah hal tersebut terjadi bisa digunakan genset. Pengertian dari genset merupakan sebuah mesin yang mampu menghasilkan sumber daya listrik menggantikan sumber daya listrik PLN untuk sementara waktu. Sumber daya listrik yang dihasilkan genset berasal dari proses perubahan energi mekanik menjadi energi listrik lewat induksi elektromagnetik. Ada beberapa jenis mesin genset yang sekarang ini bisa digunakan diantaranya yaitu:

  1. Mesin Genset Gas

Mesin yang digunakan dalam genset ini berasal dari gas, baik gas LPG (Liquid Petroleum Gas) dan CNG (Compressed Natural Gas). Penggunaan gas sebagai bahan bakar perlu diperhitungkan mengingat jenis gas CNG sangat mahal.

  1. Mesin Genset Diesel

Jenis mesin ini merupakan yang paling umum digunakan serta mudah ditemukan. Kapasitas daya yang dimiliki oleh mesin genset ini  sekitar 5.000 watt hingga 2.000.000 watt serta memiliki 2 silinder sampai 16 silinder.

  1. Mesin Genset Bensin

Dari jenis mesin ini menggunakan bensin sebagai bahan bakar dengan maksimal daya kekuatan sebesar 10.000 watt. Jenis mesin ini juga mudah ditemukan.

 

Mesin genset bensin merupakan jenis mesin genset yang sering digunakan dibanding jenis mesin genset lainnya. Terdapat dua jenis tipe dari mesin genset bensin yaitu Genset Open terbaik dan Genset Silent. Genset Open yaitu genset yang terbuka atau tidak ada kotak yang menutupinya atau yang sering disebut rumah genset atau Canopy. Jenis genset ini biasa digunakan di dalam ruangan atau rungan kedap suara, hal ini dilakukan karena tipe genset ini menghasilkan suara yang cukup keras.

 

Untuk tipe kedua atau Genset Silent adalah genset yang memiliki penutup atau rumah genset yang berguna untuk melindungi mesin genset dari panas ataupun hujan. Selain untuk melindungi panas dan hujan rumah genset ini juga berfungsi untuk meredam suara keras yang dihasilkan oleh mesin genset tipe tertutup. Tipe genset mesin ini bisa digunakan dimana saja, baik di dalam maupun luar ruangan. Dari kedua tipe genset, baik Genset Open ataupun Genset Silent memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tagged : /

Mengenal jenis Panel AMF ATS

Panel AMF ATS yaitu panel yang terdapat di dalam genset yang membantu cara kerja genset secara otomatis. Penggunaan panel ini membantu dan mempermudah  dalam penggunaan genset, namun pemasangannya tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang. Pemasangan panel AMF ATS terbaik hanya dilakukan oleh orang-orang yang ahli dalam bidangnya, karena jika pemasangannya dilakukan oleh sembarang orang maka akan terjadi kesalahan jaringan yang  membahayakan bahkan terjadi kebakaran. Panel ini ternyata memiliki tiga jenis yaitu :

  1. Menggunakan Kontaktor

Dalam jenis panel ini dibutuhkan kontaktor sebagai alat gerak, kontaktor berguna jika panel mendapatkan aliran listrik, baik yang berasal dari PLN maupun genset. Tetapi jenis panel yang menggunakan kontaktor lebih mudah mengalami kerusakan karena jika sudah salah satu kontaktor rusak maka panel sudah tidak digunakan. Jika ingin digunakan maka kontaktor harus diperbaiki terlebih dahulu. Jenis panel yang menggunakan kontaktor harganya lebih murah dibanding jenis lainnya.

  1. Menggunakan COS Motorized

Motorized memiliki arti Motor Change Over Switch yang berarti bahwa panel ini bergerak menggunakan motor dimana motor akan berfungsi jika terdapat aliran listrik baik dari PLN maupun genset. Jenis panel COS Motorized dinilai lebih aman dibanding menggunakan kontaktor karena jika terjadi gangguan dalam COS Motorized masih bisa digunakan secara manual. Tetapi harga jenis panel ini lebih mahal dibanding menggunakan panel jenis kontaktor. Meskipun demikian penggunaan panel COS Motorized bisa digunakan dalam waktu yang lama dan jauh lebih aman dibanding kontaktor.

  1. Menggunakan MCBB

Jenis panel ini digerakkan menggunakan Motorized MCBB. MCBB merupakan singkatan dari Moulded Case Circuit Breaker, adanya MCBB digunakan untuk memutus tegangan dan sudah dilengkapi dengan pengaman jika terjadi kesalahan jaringan. Jenis panel ini membutuhkan biaya yang besar sehingga sebagian besar penggunaannya untuk daya listrik yang besar.

 

Dari ketiga jenis panel AMF ATS memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk penggunaan ketiga jenis panel tersebut bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing setiap orang.

 

Perawatan Genset Yanmar Yang Harus Dipahami

 

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kebutuhan manusia pada listrik semakin meningkat setiap harinya. Salah satu alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi adalah aktifitas manusia yang membutuhkan listrik semakin hari semakin bertambah. Maka dari itu, banyak orang yang sudah mempersiapkan sumber listrik cadangan untuk digunakan sebagai penyokong kebutuhan hariannya. Dengan adanya cadangan listrik tersebut, kita bisa menjadi lebih tenang untuk menjalankan berbagai macam aktifitas dan kegiatan kita yang membutuhkan listrik. Salah satu alat yang menjadi sumber cadangan listrik yang sering digunakan dalam kehidupan sehari hari adalah genset. Genset sendiri memiliki dua macam tipe, yang pertama ada genset open dan yang kedua ada genset silent. Yang banyak dan umum digunakan oleh masyarakat kebanyakan adalah genset open. Hal ini dikarenakan genset open memilki harga yang lebih murah dan ekonomis ketimbang geset silent. Di Indonesia sendiri, salah satu genset yang cukup terkenal adalah genset Yanmar terbaru.

Salah satu hal yang harus kita perhatikan sebelum membeli genset adalah merk gensetnya. Pilihlah genset dengan merk yang memang sudah banyak digunakan dan juga sudah terpercaya kualitasnya. Salah satu merk genset yang bagus dan banyak digunakan di Indonesia adalah genset Yanmar. Soal kualitas, merk ini tidak usah diragukan lagi, Yanmar selalu meningkatkan kualitanya dari tahun ke tahun. Genset yang satu ini sangat ramah lingkungan karena dirancang dengan teknologi yang canggih. Selain itu, genset yang satu ini juga memiliki mesin yang bisa dibilang awet dan tahan dalam berbagai macam kondisi. Perawatan dari genset yang satu ini juga bisa dibilang cukup mudah dan simpel.

Salah satu hal yang wajib dilakukan dalam perawatan genset yanmar adalah selalu menjaga kebersihan dari mesinnya.Kebersihan mesin genset sangatlah penting untuk diperhatikan mengingat mesin yang sehat akan jauh bisa lebih tahan untuk jangka waktu yang juga lebih lama. rutinlah untuk membersihkan debu, kotoran, atau bekas oli pada mesin genset anda agar mesin selalu sehat dan terhindar dari segala macam masalah seperti karat contohnya. Salah satu bagian yang harus anda perhatikan pada saat membersihkan genset adalah radiator gensetnya. Bersihkanlah radiator genset secara berkala agar mesin tetap awet dan memiliki umur yang panjang.

Tagged : /

Berbagai Model Tangki Solar Yang Ada Di Tempat Jual Tangki Solar

Tangki solar menjadi hal yang kurang begitu diperhatikan bagi pengguna genset skala kecil misalnya untuk kebutuhan suplai daya rumah tangga dan usaha-usaha kecil. Namun tentu berbeda bagi industry yang cukup besar dengan penggunaan genset berkapasitas besar pula. Karena penggunaannya yang cukup segmented maka belum tentu para penjual genset itu jual tangki solar juga. Karena biasanya yang menjual tangki solar hanya penjual genset skala besar yang bukan hanya menyediakan genset dengan kapasitas daya kecil saja tetapi juga yang besar.

Tidak ditemuinya tangki solar pada penggunaan genset rumahan maupun genset berkapasitas kecil lainnya adalah karena tangki penyimpanan bahan bakar internal dari genset yang dimaksud sudah dirasa cukup. Oleh sebab itulah tidak diperlukan lagi tangki tambahan seperti halnya tangki solar yang sedang dibahas ini.

Lain halnya dengan pengguna genset besar yang walaupun sudah menggunakan genset yang bukan hanya kapasitasnya saja yang besar tetapi juga ukurannya, sehingga logikanya tangki internal bahan bakarnya pun besar, tetap saja membutuhkan tangki tambahan. Hal tersebut berkaitan dengan tingginya intensitas penggunaan genset yang merupakan sumber penyedia listrik utama, sehingga bahan bakar benar-benar terkuras dengan sangat cepat.

Apabila tidak menggunakan tangki penyimpanan bahan bakar tambahan maka tentu akan amat sangat merepotkan ketika harus melakukan mekanisme pengisian ulang bahan bakar, karena pada proses itu tentu genset harus dimatikan. Sedangkan jika ada tangki bahan bakar atau tangki solar seperti yang sedang dibahas ini maka pengisian ulang bahan bakar solar dapat dilakukan dengan genset tetap bekerja.

Berbicara mengenai tangki solar, pada dasarnya ada beberapa model yang biasa ada di pasaran sekarang ini. Model-model yang dimaksud yaitu tangki solar model kotak, model silinder vertikal dan model silinder horizontal. Yang paling banyak dijumpai di tempat yang jual tangki solar terbaik memang model silinder horizontal.

Lebih jelasnya penjabaran mengenai ketiga model tangki solar tersebut baik  yang kotak, silinder vertikal maupun silinder horizontal yaitu sebagai berikut:

  1. Tangki solar model kotak

Model tangki solar yang pertama ini disebut dengan tangki solar model kotak, karena memang demikianlah bentuknya. Karena bentuknya yang kotak alias persegi ini maka mengukur dimensinya cukup mudah, tidak selalu hanya menggunakan satuan liter. Meski kebanyakan memiliki ukuran panjang dan lebar yang mengindikasikan bahwa tangki tersebut berbentuk persegi panjang, namun tangki yang benar-benar kotak pun ada. Karena bentuk maupun ukuran tangki solar semacam ini pada dasarnya bisa dipesan sesuai kebutuhan. Karena ada kalanya menyesuaikan space alias tempat dimana tangki yang dimaksud akan ditempatkan.

  1. Tangki solar model silinder vertikal

Model tangki solar yang kedua ini paling banyak mengingatkan orang dengan tandon air yang biasa ada di rumah-rumah. Karena memang demikianlah adanya, dimana tangki silinder itu akan berdiri secara vertikal seperti layaknya penampilan tandon air.

  1. Tangki solar model silinder horizontal

Model tangki solar yang terakhir merupakan yang paling umum dilihat yakni tangki silinder yang ditidurkan. Tangki solar semacam ini lebih banyak dijumpai mungkin karena pada awalnya tangki semacam inilah yang diproduksi pada penjual tangki bahan bakar, termasuk solar.

Ketiga model tangki solar di atas pada dasarnya memiliki fungsi dan nilai guna yang sama. Sehingga bisa dikatakan tidak ada model yang lebih baik daripada model lainnya. Mereka yang jual tangki solar juga berpendapat demikian, karena memang spesifikasi secara umumnya sama saja.

Tagged : /

3 Tips Memilih Genset Rumahan Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Berbicara seputar dunia listrik, pasti anda semua sudah tidak asing lagi dengan alat yang bernama generator set atau yang biasa kita kenal dengan sebutan genset. Genset memang sudah banyak digunakan oleh masyarakat untuk berbagai macam kebutuhan baik pribadi maupun kebutuhan bisnis. Genset sendiri memiliki dua tipe, yang pertama adalah genset open dan yang kedua adalah genset silent. Masing-masing genset memiliki fungsi, kelebihan dan kekurangan tersendiri. Genset open lebih cocok digunakan untuk open space atau ruangan terbuka. Hal ini dikarenakan genset open menghasilkan suara yang sangat berisik dan dapat mengganggu jika ditempatkan dalam ruangan. Perbedaan yang paling mencolok dari kedua jenis genset ini adalah dari segi bentuk dan juga fungsinya. Dari segi bentuk, genset open tidak memiliki kotak pelindung atau kanopi untuk melindungi mesin genset tersebut. Hal ini menyebabkan genset open cenderung memiliki suara yang lebih berisik ketimbang genset silent. Sedangkan genset silent, memiliki kanopi pelindung yang membuatnya lebih sedikit mengeluarkan suara berisik. Genset open lebih cocok untuk dipakai pada lingkungan terbuka seperti pabrik dan sebagainya. Karena di tempat-tempat tersebut lah genset open tidak memiliki masalah dengan suara berisik yang dieluarkan. Sedangkan genset silent, lebih cocok untuk tempat tempat yang tertutup seperti dalam ruangan untuk hotel, perkantoran, dan lain sebagainya. Genset yang umum digunakan sebagai genset rumahan terbaik adalah genset open. Hal ini dikarenakan masyarakat tidak terlalu sering menggunakan genset untuk kebutuhan hariannya. Mereka hanya menggunakan genset tersebut untuk acara tertentu yang membutuhkan banyak daya listrik, maupun pada saat dalam keadaan darurat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli genset. Hal ini wajib untuk diperhatikan mengingat anda tidak bisa sembarangan dalam memilih genset untuk kebutuhan anda. Berikut adalah beberapa tips memilih genset yang sesuai kebutuhan.

  1. Perhatikan Merk

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum membeli genset rumahan adalah perhatikan merk dari genset tersebut. Pastikan genset yang anda beli sudah terkenal dan banyak digunakan dn di percaya orang. Dengan begitu anda tidk permu memikirkan lagi soal kualitasnya. Karena biasanya genset yang memiliki merk yang terkenal dan sudah laris di pasaran memiliki kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa melihat list merk apa saja yang sudah terkenal di Indonesia dari internet atau bisa juga dengan mengunjungi langsung situs resminya yang datanya juga bisa anda temukan lewat internet.

 

  1. Perhatikan Harga

Hal kedua yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli genset adalah harga jualnya. Pastikan anda selalu memantau naik turunnya harga pasaran dari beberapa merk genset di Indonesia. Harga pasaran tersebut selalu bisa anda jadikan patokan untuk perbandingan genset mana yang nantinya akan anda beli. Selain itu, jangan mudah tergiur dengan toko yang menawarkan harga miring namun sangat jauh dari harga pasaran. Bisa jadi hal tersebut dkarenakan kualitas barang yang sudah tidak lagi baik, ataupun mungkin barang memiliki beberapa kecacatan yang membuat harganya jatuh begitu miring.

 

  1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Belilah genset yang memang sesuai dengan kebutuhan daya listrik anda. Jangan beli genset yang terlalu besar dan terlalu kecil. Pastikan anda sudah menghitung terlebih dahulu kira-kira berapa daya listrik tambahan yang akan anda butuhkan.

 

Begitulah penjelasan mengenai 3 tip memilih genset rumahan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga artikel kali ini dapat memberikan anda informasi lebih mengenai tips-tips yang bisa anda terapkan dan perhatikan dalam memilih genset mana yang akan anda beli.

Tagged : /

Panel Otomatis Genset

Genset sudah menjadi salah satu kebutuhan dalam bisnis dan rumah tangga. Terutama jika kondisi aliran listrik PLN kurang stabil. Permasalahan seperti mati lampu dan juga tidak ada listrik akan mengganggu aktivitas sehari hari. Namun selain genset, panel otomatis genset juga harus ikut dimiliki. Sebelum Anda membeli panel tersebut, mari simak ulasan berikut.

Panel Otomatis AMF ATS

Panel Otomatis Genset

Panel otomatis AMF ATS adalah nama lain yang digunakan untuk panel genset. Seperti namanya, panel ini memiliki rangkaian yang mampu mendeteksi alur tegangan listrik dalam rumah atau bangunan. Kemampuan itu nantinya membantu panel untuk mengetahui kapan harus menyalakan dan mematikan genset secara otomatis.

Hal ini terjadi apabila panel mendeteksi terputusnya pasokan listrik dari PLN yang menyebabkan lampu padam. Tepat saat tersebut, panel akan secara otomatis menyalakan generator dan memasok daya listrik dari genset. Panel ini pula yang akan menonaktifkan genset apabila arus listrik dari PLN sudah kembali beroperasi.

Pada dasarnya panel ini memang bisa digunakan untuk mengoperasionalkan secara otomatis, namun Anda juga bisa mengatur setelan sesuai kebutuhan. Dengan kemudahan yang ditawarkan panel otomatis genset, tidak jarang produk ini ditemukan di bisnis yang perlu suplai listrik yang terjaga seperti contohnya kantor, restoran, dll.

Rangkaian Atau Setting Dari Panel Otomatis

Panel Otomatis Genset

Dalam pemasangannya, panel ini terdiri dari 2 rangkaian utama yakni ATS dan AMF. Namun secara umum, panel ini juga memiliki rangkaian tambahan berupa panel sinkron. Jika melihat dari rangkaian yang cukup rumit, tidak bisa dipungkiri jika pemasangannya memerlukan tenaga ahli. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan jasa instalasi dari Era Genset.

Apa yang dimaksud dengan rangkaian tersebut? Secara garis besar, rangkaian tersebut adalah arus dan juga komponen yang digunakan. Setiap panel akan memiliki rangkaian AMF atau Automatic main failure. Panel ini memiliki fungsi sebagai detektor aliran listrik. Sehingga panel akan secara otomatis mengaktifkan atau menonaktifkan genset.

Tidak hanya panel yang mampu mendeteksi aliran listrik, tapi panel otomatis genset juga memiliki komponen ATS atau Automatic Transfer Switch. Dari namanya sudah bisa diketahui bahwa rangkaian ini akan memindahkan aliran listrik dari PLN ke sumber arus listrik lain. Dalam hal ini, sumber arus listrik yang digunakan berasal dari Genset.

Kedua komponen tersebut bergerak berkesinambungan agar mampu memberi suplai listrik yang tepat dan juga cepat. sehingga kondisi listrik padam tidak akan berlangsung terlalu lama. Jika pada suatu tempat membutuhkan dua atau lebih generator, maka panel tersebut juga akan dilengkapi dengan panel sinkron.

Berbeda dengan AMF dan ATS, rangkaian ini biasanya ditujukan untuk menggabungkan atau menyalurkan arus listrik dari dua sumber yang berbeda. Yang mana biasanya sumber tersebut berasal dari jumlah genset yang bervariasi. Sinkronisasi dari genset tersebut harus diperhatikan dengan baik, karena itulah panel sinkron digunakan untuk menghindari arus pendek.

Penggunaan Panel AMF Dan ATS

Panel Otomatis Genset

Sebenarnya, penggunaan panel ini banyak ditemukan di bangunan bisnis atau industri. Namun tidak sedikit pula panel otomatis genset yang terpasang di rumah karena dianggap memiliki nilai fleksibilitas dan juga keamanan yang lebih baik. Tidak hanya itu, panel ini juga mampu disesuaikan dengan tipe tegangan listrik, kebutuhan, dan juga pemakaian.

Dengan adanya panel AMF ATS tersebut, permasalahan mati listrik yang terjadi secara mendadak tentunya tidak akan mengganggu lagi. Begitu listrik padam, genset akan secara otomatis menyuplai daya untuk rumah atau bangunan. Untuk mendapat produk dan layanan yang terjamin, pastikan anda membeli produk dari Era Genset Indonesia di eragenset.com.

Tagged :

Genset Lovol

Dalam pasar generator dan genset, nama Lovol dan juga Perkins kerap dianggap bersinambung. Hal ini dikarenakan Lovol Engine co.,Ltd dari Tianjin (PLEL) adalah sempat bekerja sama dengan Perkins. Produknya pun mewarisi dan mengadopsi teknologi profesional dari mesin perkins. Agar tidak salah membeli Genset lovol, simak ulasan berikut ini.

Jenis Mesin Genset Dari Merk Lovol

Genset Lovol

1. Rotary Pump Engine

Salah satu mesin yang genset yang diadaptasi oleh Lovol adalah Rotary pump engine. Mesin jenis ini biasanya juga disebut dengan distributor pump, yang mana lebih banyak ditemukan di dapur pacu mobil dan traktor. Mesin ini menggunakan single injection cylinder yang menyalurkan bahan bakar melalui katup putar. Lovol menggunakan mesin ini untuk genset 1006TG2A, 1006TAG, dll.

2. 1100 Series Engine

Selain rotary pump, seri mesin 1100 juga diterapkan untuk genset besutan dari Lovol. Mesin yang satu ini terbagi menjadi tiga tipe dengan kemampuan yang dianggap paling maksimal. Pasalnya, mesin ini sudah mampu menghasilkan prime power atau tenaga utama hingga mencapai 158.4 per 1500 RPM. Tidak hanya itu, mesin ini juga punya standby power mencapai 174 kw.

Untuk mesin ini sendiri, genset Lovol menyediakan beberapa model dengan tenaga tertinggi. Model tersebut lebih banyak digunakan atau dikenal dengan heavy duty genset. Karena daya yang sangat tinggi, tidak sedikit yang menggunakan produk ini untuk kantor atau bisnis. Sebagai contohnya adalah model 1106c-P6TAG4, 1106Cp6TAg dan 1106c-P6TAG3.

3. Common Rail Engine

Genset Lovol

Mesin jenis ini kerap ditemui karena memiliki high pressure mencapai 29,000psi. Tenaga ini dihasilkan dari tekanan rendah pada mesin pompa bahan bakar yang kemudian mengisi selang pompa. Untuk lovol sendiri, mesin ini tersedia dalam 9 pilihan tipe produk yang tersedia. Beberapa genset tersebut adalah 1004D-e4TAG1, 1004D-E4TAF3, 1006D-E6TAG1, dll.

4. In Line Pump Engine

Tipe in line pump pada Lovol bisa ditemukan dalam 7 pilihan produk. Seperti genset model 1006TG2a, 1006TAG, 1004TG, dan masih banyak lainnya. Yang menjadi nilai plus dari mesin jenis ini adalah kemampuan dasarnya dalam menghasilkan tenaga yang termasuk sangat besar. Cara kerja mesin Genset Lovol ini menggunakan empat unit elemen pompa.

Setiap elemen tersebut menyuplai bahan bakar pada setiap silinder sehingga semuanya bekerja dengan kecepatan yang sama. Masing masing elemen pompa ini sendiri juga didesain dengan bentuk, ukuran, parameter, dan simulasi yang sama. Karena itulah, tenaga prime power dan standby powernya merupakan salah satu dari yang terbaik bersama dengan 1100 seri.

5. Marine Generator

Genset lovol

Selain mesin tersebut, salah satu yang sering digunakan untuk mesin genset adalah marine generator. Dalam hal ini, mesin ini biasanya menggunakan bahan bakar diesel atau bensin. Karena itulah, sudah cukup banyak genset yang menggunakan mesin ini. Seperti namanya, marine generator ini lebih sering ditemukan sebagai mesin kapal kecil, boat, atau kapal pemancingan.

Jika mempertimbangkan daya mesin yang muncul, sudah tidak bisa dipungkiri jika genset ini sangat powerful. Bahkan, dalam kondisi primanya, Genset lovol ini bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Asalkan konsumsi tenaganya tidak mencapai 3,500 watts. Untuk Lovol sendiri, mesin ini bisa ditemukan di beberapa model produknya.

Sebagai perusahaan yang mampu mengadaptasi pengalaman dan ilmu dari Perkins, tidak heran jika Lovol menjadi salah satu pilihan produk terbaik. Hal tersebut terbukti dari varian mesin genset yang tersedia. Dengan banyaknya pilihan, konsumen akan mampu memilih produk sesuai kebutuhan. Namun jaminan kualitas, ada baiknya Anda beli di distributor resmi Era Genset Indonesia.

Tagged :