Beberapa Rekomendasi Genset Open dari Brand Cummins

cummins genset

 

Beragam jenis genset hadir dengan tipe berbeda-beda. Secara umum, ada dua jenis tipe utama, yaitu tipe genset open dan silent. Perbedaan paling besar yang terlihat terletak pada penggunaan box atau canopy. Pada model silent, box tersedia dan terpasang sebagai bagian yang berfungsi untuk meredam suara mesin sehingga tidak akan terlalu bising atau berisik ketika digunakan. Sedangkan tipe open atau terbuka, tidak ada box atau bagian case apapun. Alhasil, tidak ada peredam suara. Walau demikian, model open akan lebih mudah untuk perawatannya karena tidak perlu bongkar canopy yang terpasang. Untuk jenis open tersebut, Cummins mempunyai beberapa produk.

Salah satu genset open dari Cummins adalah model EG 250 C. Model tersebut menjadi genset untuk keperluan kantor ataupun industri karena kapasitas yang sangat besar dari mesinnya. Setidaknya, genset mampu menyuplai hingga 250 kVA atau 200 kilowatt. Untuk keperluan rumah, tentu hal tersebut terlalu besar dan tidak akan efektif. Harganya pun sangat tinggi. Opsi lainnya ada hadir dengan kapasitas lebih rendah, yaitu 100 kVA. Model genset open Cummins itu adalah EG 100 C. Output setara 80 kilowatt bisa disediakan saat mesin sudah mulai beroperasi. Voltase outputnya adalah 220V atau 380 V yang tentu cukup  umum di suatu bangunan.

Kapasitas 250 kVA bukanlah yang terbesar di lini produk Cummins. Produsen genset berteknologi Amerika Serikat ini mempunyai banyak opsi lainnya dengan output lebih besar. Misalkan saja pada model EG 300 C. Nama dan kode modelnya sudah cukup menjelaskan kalau genset open yang disediakan mampu menghasilkan output sampai 300 kVA atau 240 kilowatt. Untuk keperluan kantor atau bahkan pabrik berskala besar, daya lebih tinggi bisa saja diperlukan dan Cummins mempunyai opsi genset open yang sesuai. EG 2000 C adalah salah satu produk dengan kapasitas output tertinggi. Daya yang dihasilkan mencapai 1600 kilowatt atau 2000 kVA. Untuk suatu pabrik atau rumah sakit yang besar, daya setinggi itu tentu akan sangat memadai. Cummins pun dikenal dengan produk yang tangguh dan bisa diandalkan untuk beroperasi dengan durasi lama tanpa risiko overheat.