Ketahui Dulu Performa Genset Ini Sebelum Pergi Ke Distributor Genset

Genset merupakan sebuah mesin yang dioperasikan menggunakan bahan bakar seperti bensin dan solar. Genset merupakan pembangkit listrik di saat listrik sedang padam, sehingga genset ini sangat berguna.
Saat ini telah banyak sekali brand yang mempromosikan genset dengan segala kelebihan yang diciptakan, namun ada satu jenis genset yang banyak menarik perhatian yaitu genset dengan brand Cummins.
Tipe Genset Cummins
Genset Cummins ini sesuai dengan namanya diciptakan oleh clessie Cummins yang merupakan bapak diesel yang berasal dari amerika serikat. Genset ini sama dengan genset kebanyakan yaitu memiliki dua tipe.
1. Tipe Terbuka
kebanyakan genset dengan tipe terbuka biasanya memiliki suara yang bising tetapi berbeda dengan genset Cummins, tipe terbuka dengan brand Cummins ini memiliki suara yang tidak terlalu bising.
Hal ini dapat anda buktikan jika anda ingin membeli genset Cummins sebelumnya anda meminta pada distributor genset untuk mencoba mengoperasikan genset dengan tipe terbuka sebagai pembuktiannya.
2. Tipe Tertutup
Sama dengan genset lainnya tipe tertutup ini memiliki kelebihan yaitu suara yang dikeluarkan sangat halus dan cocok sekali untuk yang tidak menyukai kebisingan. Anda bisa coba ketika membeli ke distributor genset.
Keunggulan Genset
Beberapa keunggulan lain dari genset Cummins yang bisa anda tanyakan kepada distributor genset adalah mengenai kapasitas dari genset Cummins. Untuk genset Cummins yang asli memiliki kapasitas yang tinggi yaitu dimulai dari 10 KVA sampai dengan 1000 KVA.
Kapasitas genset Cummins yang tinggi tersebut membuat genset ini sangat cocok digunakan untuk gedung-gedung besar seperti sekolah, perkantoran, perusahaan besar, mall, rumah sakit dan lain-lain.
Genset Cummins sudah terbukti memiliki banyak keunggulan dan berkualitas tetapi jangan khawatir untuk mendapatkannya anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak karena genset ini dijual dengan harga yang terjangkau.
Untuk bisa mendapatkan genset dengan performa yang sangat baik, Anda bisa datang langsung ke distributor genset yang terpercaya. Hal ini untuk mengurangi kekhawatiran dalam hal penipuan.
Beberapa informasi di atas merupakan performa genset Cummins yang bisa Anda tanyakan langsung ke distributor genset saat ingin membeli genset. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda dalam menambah wawasan mengenai genset.

Tagged : /

Panel ATS AMF Jenis 30 KVA

Mengenal panel ATS AMF Jenis 30 KVA
Panel ATS AMF Jenis 30 KVA merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk menyalakan sumber listrik yang padam atau sedang bermasalah. Hal ini dilakukan oleh AMF yang menghububgkan aliran dan arus daya listrik yang telah dihasilkan oleh genset terhadap beban yang dihasilkan.
ATS sendiri merupakan singkatan dari kata Automatic Transfer Switch. Alat ini berfungsi sebagai koneksi atau penghubung antara sumber tegangan listrik yang satu dengan sumber tegangan listrik yang lainnya. Sedangkan AMF merupakan singkatan dari Automatic Main Failure. Alat ini digunakan untuk menyalakan mesin genset jika beban yang dilayani kehilangan sumber energi penyedia listrik utama.
Tugas dan fungsi Panel ATS AMF 30 KVA
1 Relay Detector sumber daya utama
Relay ini difungsikan untuk memberikan informasi mengenai kondisi penyedia listrik utama tersebut dalam keadaan atau kondisi mati atau hidup. Informasi ini diberikan kepada rangkaian relay off/on yang kemudian akan diproses tindakan selanjutnya.
2 Relay Detector Daya Genset
Relay ini juga berfungsi untuk memberikan informasi terhadap kondisi atau tegangan atau daya genset kepada rangkaian relay starf/off engine dan ATS yang kemudian akan diproses ke tindakan selanjutnya.
3 Blok start atau stop engine
Berfungsi untuk menyalakan mesin genset. Blok ini memiliki fungsi sebagai masukan dari relay detector tenaga utama listrik dan detector daya genset. Jika tegangan listrik utama maka blok ini akan menyalakan mesin genset. Tetapi jika penyedia listrik utama sudah nyala dan normal kembali seperti sedia kala maka mesin genset ini akan dimatikan secara otomatis dan langsung.
4 Blok ATS atau COS
Blok ATS ini juga bekerja sama dengan blok start atau stop engine. Blok ATS harus menghubungkan masing masing sumber tegangan utama dan tegangan dari genset hanya saat yang tepat. Memulai dan berhenti secara otomatis memberikan waktu sekitar kurang lebih 10 detik sebelum benar benar memastikan terlebih dahulu mesin genset yang dimatikan. Guna menjaga pemutusan aliran dari penyedia tenaga listrik utama kembali seperti sedia kala. Seperti yang sering dialami hingga saat ini.

Fungsi Panel ATS AMF

Panel ATS AMF memiliki fungsi sendiri. Selain sebagai alat cadangan ketika penyedia listrik utama mengalami padam atau kesalah. Ada beberapa fungsi yang dimiliki oleh ATS AMF yaitu sebagai berikut.
1 Pendeteksian dan Proteksi dari Over Current
2 Pendeteksian dan Proteksi dari Overvoltage atau Undervoltage
3 Pendeteksian dan Proteksi dari Over atau Under Frequency
4 Pendeteksian dan Proteksi dari Kelebihan dan Kekurangan kecepatan
5 Pendeteksian dan Proteksi dari tekanan rendah pada minyak
6 Pendeteksian dan Proteksi pada cairan bertemperatur tinggi
7 Pendeteksian dan Proteksi pada minyak bertemperatur tinggi
8 Pendeteksian dan Proteksi dari level tegangan baterai yang terlalu rendah
Adapun beberapa fungsi yang lainnya adalah sebagai berikut.
Fungsi manual dan Fungsi Automatis
Operasi manual ini biasanya terletak di inisiasi awal yang fungsi nya untuk bekerja. Mekanisme yang dilakukan secara otomatis juga dapat dilakukan secara manual jika terjadi permasalahan atau kesalahan pada kontroler. Namun, ada beberapa yang perlu diperhatikan pengoperasian secara manual harusnya hanya menggunakan satu sumber saja.
Fungsi pendeteksian, pengontrolan, monitoring, dan proteksi yang biasanya dilakukan secara otomatis. Proses pengontrolan ini biasanya dimulai dari mendeteksi sumber yang ada dan tersedia yang kemudian mengambil keputusan sesuai pemprograman yang telah di inisiasi, melakukan transfer termasuk mengaktifkan generator.
Jenis panel ATS AMF
Ada beberapa jenis panel ATS AMF yaitu sebagai berikut.
1 Panel Sinkron
Panel sinkron ini berfungsi untuk menyinkronkan kerja dari dua genset atau lebih. Panel sinkron ini digunakan apabila load bervariasi cukup besar dan pemakaian genset secara non stop.
2 Panel PKG
Panel PKG ini difungsikan untuk mengoperasikan generator meliputi mulai, berjalan, berhenti, berhenti saat darurat, dan dilengkapi dengan perlindungan dan memonitor yang baik, serta dengan proteksi dan pemantauan generator.
3 Panel ATS
Panel ATS difungsikan untuk saklar yang beroperasi secara otomatis ketika terjadi pemutusan aliran ataupun kepadaman listrik.
4 Panel AMF
Panel AMF difungsikan untuk mematikan dan juga menghidupkan generator genset secara otomatis.

Lakukan Hal Berikut Setelah Beli Genset Untuk Keperluan Rumah Tangga

Tidak sedikit orang yang mengeluh karena pemadaman listrik oleh pihak PLN. Maka dari itu, tidak heran jika mereka menggunakan genset alias generator set ini untuk pengganti sumber listrik selain dari PLN itu tadi.
Namun meskipun begitu, kamu juga wajib tahu jika penggunaan genset yang salah untuk keperluan rumah tangga justru malah berakibat buruk nantinya. Jika kamu telah membeli genset Tangerang untuk keperluan rumah tangga, yuk simak cara merawatnya!
1. Hindari Tempat Tertutup
Genset Tangerang ini merupakan perangkat yang menghasilkan gas karbon monoksida. Maka dari itu, jika diletakkan di tempat yang tertutup bisa menyebabkan hal buruk pada manusia.
Sebaiknya, letakkan genset Tangerang tersebut di tempat yang terbuka alias outdoor. Dengan begitu, nantinya genset tersebut masih tetap mendapatkan sirkulasi udara yang bagus. Tetapi pastikan tidak terkena hujan dan juga panas ya!
2. Pastikan Tidak Ada Arus Listrik yang Menyala
Di sisi lain, kamu harus memastikan bahwa lingkungan di sekitar tersebut tidak ada aliran arus listrik yang sedang menyala. Sebab, jika tidak nantinya akan menimbulkan bahaya bagi lingkungan sekitarmu sendiri. Pastikan kamu mematuhi tata cara penggunaan genset Tangerang tersebut.
Pada saat akan menyalakan genset, maka kamu wajib mencoba peralatan rumah tangga yang konsumsi dayanya rendah terlebih dahulu. Jika sudah, kamu bisa menggunakan peralatan rumah tangga yang membutuhkan daya listrik yang tinggi.
3. Tidak Terkena Cipatran atau Genangan Air
Seperti yang sudah dijelaskan di bagian awal tadi bahwa genset Tangerang tersebut tidak boleh terkena hujan. Maka secara otomatis, segala macam bentuk cairan harus dihindarkan dari genset tersebut supaya tidak mengalami kerusakan pada bagian dalamnya.
Untuk itu, kamu harus memperhatikan dengan baik bahwa genset tersebut memang terhindar dari air. Baik itu hanya sekadar cipatran air saja atau bahkan genangan yang bisa merendam genset tersebut.
Apabila kamu menyepelekan hal tersebut, maka bukan tidak mungkin jika nantinya genset itu akan mengalami konsleting. Apalagi jika ternyata kamu tidak menyadari ada bagian kulit kabel yang terbuka pada bagian genset tersebut.

Tagged : /

Perhatikan Tips Berikut Sebelum Memilih Genset Murah Terbaik

Siapa sih yang tidak tahu tentang mesin genset? Genset merupakan sebuah alat yang wajib untuk dimiliki pada saat ini. Hal tersebut mengingat sering terjadinya gangguan kelistrikan atau pemadaman listrik yang dari pusat PLN dikarenakan adanya perbaikan jaringan maupun ada gangguan yang lainnya. Keberadaan genset tersebut akan membantu menyukai cadangan listrik sehingga tetap bisa menggunakan listrik meskipun pada saat terjadi pemadaman.
Ada berbagai macam jenis genset yang bisa dipilih di pasaran saat ini. Salah satunya adalah jenis genset murah. Harga genset tersebut sangat ekonomis di kantong di mana dibanderol mulai dari harga jutaan rupiah hingga puluhan juta. Bahkan ada juga handset yang hanya dibanderol dengan harga ratusan ribu saja.
Meskipun ada banyak jenis genset murah pada saat ini namun perlu memperhatikan berbagai macam hal sebelum memilih produk generator set tersebut. Hal ini dikarenakan tidak semua jenis genset mempunyai kualitas yang terbaik. Berikut ini adalah tips dalam memilih genset yaitu :
1. Perhatikan brand pada genset
Pada dasarnya bagus tidaknya sebuah genset murah juga dipengaruhi oleh brand dari genset tersebut. Semakin bagus brand genset maka semakin baik kualitasnya. Pilihlah berbagai macam jenis genset yang memiliki merek terkenal misalnya saja Honda, Yamaha, hyundai, dan lainnya.
2. Perhatikan performa dan kapasitas genset
Performa serta kapasitas dari genset murah sangat perlu diperhatikan. Anda harus memilih jenis genset dengan performa yang bagus serta kapasitas daya listrik yang disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan memilih genset dengan kapasitas listrik besar namun daya listrik yang dibutuhkan kecil atau sebaliknya. Pilihlah genset yang pas dengan kebutuhan saja.
3. Tipe genset
Secara ada dua jenis tipe genset yaitu open dan silent. Genset open biasanya digunakan untuk mengaliri aliran listrik cadangan di tempat terbuka. Selain itu, jenis genset murah tersebut juga menimbulkan suara yang sedikit berisik.
Beda hanya dengan tipe genset murah open, genset ini cenderung mempunyai suara yang halus dan sangat cocok sekali untuk digunakan sebagai genset rumahan maupun untuk berbagai acara di indoor. Bandingkan tipe open, genset silent banyak diminati saat ini.

Tagged : /

Tips Cerdas Perawatan Genset Murah Terbaik

Apakah yang Anda rasakan apabila listrik tiba-tiba padam pada saat sedang melakukan pekerjaan penting? Atau pada saat sedang duduk santai di depan rumah menonton TV bersama keluarga? Pastinya ini akan sangat mengecewakan karena pada saat-saat itulah pekerjaan maupun aktivitas tidak bisa dilakukan. Oleh karenanya diperlukan penggunaan genset murah.
Apabila berbicara mengenai genset murah maka perlu memperhatikan berbagai macam perawatannya agar awet. Dengan begitu pasukan listrik akan tetap bisa terjaga dimanapun Anda berada. Berikut ini ada beberapa tips perawatan genset terbaik yaitu :
1. Selalu memanaskan genset
Pemanasan genset bisa dilakukan selama satu minggu sekali Meskipun tidak dipakai. Ini juga bertujuan agar mesin pada genset tetap senantiasa aktif. Genset yang sering dipanaskan akan memungkinkan adanya pergerakan pada mesin dan tentunya akan lebih handal lagi.
2. Melakukan pemeriksaan pada aki
Pemeriksaan aki pada genset murah bisa dilakukan dengan memeriksa alur koneksi pada bagian terminal aki agar tidak longgar. Saksikanlah tidak berkarat karena dapat menghambat starting pada genset. Jangan lupa juga untuk memeriksa bagian terminal pada baterai genset.
3. Memeriksa bahan bakar
Anda harus selalu memastikan bahwa filter bahan bakar selalu dalam kondisi yang baik. Pastikanlah jalur dari bahan bakar pada genset tidak saling bergesekan dengan benda apapun. Ini akan menimbulkan kegagalan pada fungsi kerjanya. Apabila terjadi keretakan maupun lecet maka segeralah lakukan perbaikan.
4. Memeriksa sistem kontrol genset
Pemeriksaan sistem kontrol genset murah. Ini memberikan manfaat untuk memperlancar saluran beban Lakukanlah pemeriksaan secara teratur dan juga pastikan semua lock datanya sudah benar selama memanaskan mesin. Jangan lupa juga untuk mengembalikan sistem kontrol ke mode normal.
5. Periksa indikator pada mesin genset
Pemeriksaan indikator pada mesin genset murah dilakukan dengan melakukan pemeriksaan pada tekanan oli dan suhu radiator. Hanya itu saja jangan lupa untuk memeriksa performa dari mesin saat bekerja mendengarkan getaran suaranya. Apabila tidak terlalu bergetar dengan keras maka menandakan bahwa genset dalam keadaan baik-baik saja.

Tagged : /

Pilihan Genset Jakarta, Genset Rumahan Terbaik

Kita memang tidak bisa memprediksi kapan kelistrikan dari PLN akan padam, mengalami gangguan dan lain sebagainya. Untuk itulah beberapa orang harus bisa mempersiapkan segalanya pada saat sumber kelistrikan paling utama dari PLN ini mengalami kendala. Solusinya adalah memiliki mesin genset. Kini mesin genset pun sudah digunakan di rumahan untuk dijadikan cadangan. Toko jual genset Jakarta saat ini juga sudah memberikan banyak pilihan genset yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para penggunannya.
Selama menentukan pilihan genset, ada 2 tipe yang harus dipahami. Untuk tipe pertama adalah tipe silent dan juga tipe kedua adalah tipe open. Kedua tipe genset ini adalah tipe yang bisa disesuaikan untuk kebutuhan. Biasanya, jenis genset yang akan digunakan untuk kebutuhan rumahan adalah jenis genset dengan tipe silent karena tidak akan menimbulkan suara kebisingan yang akan mengganggu tentunya.
Untuk beberapa jenis genset rumahan yang biasanya dijual di sejumlah toko jual genset Jakarta diantaranya sebagai berikut ini:
• ALDO Gasoline Generator ET-1200 (750 Watt)
Genset ini adalah genset yang bisa menampung daya listrik sampai 750 Watt. Untuk harganya sendiri, genset ini juga bisa dibilang sebagai genset dengan harga paling terjangkau dibandingkan dengan beberapa merk genset yang lainnya.
• DAIMARU DM 1200 (800 Watt)
Genset Daimaru adalah genset dengan ukuran yang mini. Merk genset Daimaru sendiri juga genset yang ukurannya cukup minim sehingga dianggap menjadi genset yang sangat ringan untuk dimiliki nantinya.
• HARGEN Portable Genset (2500 Watt)
Genset dari Hargen adalah jenis genset yang lebih mudah untuk dipindahkan karena ukurannya yang cukup mini. Bahkan genset Hargen juga menjadi genset yang getarannya cukup halus. Genset ini juga memiliki decibel yang akan lebih kecil dibandingkan dengan jenis genset lainnya.
• MULTIPRO GG-1000-2SW
Genset berikutnya adalah genset dari Multipro yang menampung daya dan kapasitas listrik sampai dengan 1000 Watt. Merk genset ini juga menjadi genset yang kapasitas tangkinya cukup besar yaitu sekitar 3 liter.
Pilihlah genset yang paling sesuai dengan kebutuhan di salah satu toko jual genset Jakarta. Pilih yang sesuai juga dengan budget yang dimiliki.

Mengenal Manfaat Panel AMF ATS untuk Keperluan Listrik

Panel AMF ATS mempunyai fungsi yang kurang lebih sama seperti genset yaitu untuk memberikan sumber daya listrik cadangan pada saat sumber listrik utama sedang mengalami gangguan atau pemadaman. Namun bentuk dari panel AMF ATS berbeda dengan genset. Bentuk dari panel ini seperti kotak dengan banyak panel control listrik. Tentunya manfaat utama dari panel ini adalah untuk menjaga suplai listrik. Panel control ini juga mempunyai fungi untuk mencegah generator yang digunakan sumber daya listrik cadangan agar tidak bertemu dengan daya listrik utama sebagai suplai listriknya sedang tidak bisa berfungsi misalnya saat terjadi pemadaman PLN. Panel AMF ATS juga berfungsi sebagai pemanan. Jadi, saat daya utama sudah bisa digunakan dan genset harus dihentikan, maka panel ini akan berfungsi untuk mengamankan peralatan listrik agar tidak terjadi arus balik yang justru dapat membuat peralatan listrik tersebut tidak awet.

Panel AMF dan ATS turut mendukung fungsi genset yang sudah mempunyai sistem digital dalam mengontrol daya yang dikeluarkan oleh genset serta menyensor tegangannya pula. Namun jika Anda menggunakan panel AMF dan ATS, biasanya vendor akan menyarankan Anda untuk menggunakan panel ATS saja untuk genset yang sudah menggunakan sistem control listrik yang otomatis pada saat menyuplai daya. Hal ini berbeda dengan genset yang tidak ada sistem control yang otomatis, maka sebaiknya Anda menggunakan panel AMF dan ATS pula. Kedua kombinasi ini justru bisa mengontrol aliran daya listrik namun tidak merusak peralatan listrik yang digunakan.

Terdapat beberapa fiur panel AMF ATS yang bisa Anda manfaatkan. Panel ini bisa mendeteksi dan melindungi cairan atau minyak yang bersuhu tinggi pada mesin. Untuk pendeteksian dan proteksi dari minyak yang bertekanan rendah juga bisa dilakukan melalui panel ini. Jika tegangan baterai pada genset terlalu rendah, panel AMF dan ATS bisa Anda manfaatkan untuk melakukan deteksi dan proteksi. Bahkan mendeteksi dan melindungi peralatan listrik dari arus lebih juag bisa dilakukan dengan menggunakan panel AMF ATS. Karena itulah jika Anda mempunyai genset, jangan lupakan pula untuk mempunyai panel ini sebagai pengontrol listrik.

Pilihan Genset Perkins untuk Kebutuhan Sehari-hari

Apakah Anda pernah mendengar genset Perkins? Genset ini merupakan merk yang tepat untuk kebutuhan listrik Anda sehari-hari. Dengan semakin canggihnya teknologi, tentunya tidak heran jika setiap tahunnya kita selalu mendapatkan perangkat elektronik dengan teknologinya yang mutakhir. Namun perangkat elektronik tersebut tentu tidak akan bisa dipakai jika kita tidak mempunyai aliran listrik di sekitar kita. Listrik memang sudah menjadi kebutuhan primer bagi kita yang hidup berdampingan dengan teknologi. Karena kebutuhan listrik yang semakin tinggi, maka hadirlah genset sebagai solusinya. Genset merupakan mesin yang bisa mengalirkan listrik cadangan di saat aliran listrik utama sedang mati. Dengan banyaknya merk genset yang beredar di pasaran, genset Perkins hadir menawarkan beberapa keunggulan yang bisa Anda nikmati.

Jika Anda mempunyai banyak peralatan elektronik di rumah atau mempunyai bisnis, maka sudah pasti Anda akan membutuhkan kehadiran genset dalam kehidupan sehari-hari Anda. Kehadiran genset Perkins tentunya akan memberikan Anda jaminan bahwa Anda tidak akan kehabisan suplai listrik di rumah atau di kantor dan toko Anda. Genset merk Perkins hadir dalam berbagai tipe watt yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Genset ini memang merupakan salah satu merk genset dengan kualitas yang sangat bagus sehingga layak untuk dipertimbangkan. Perkins juga menyediakn genset portable byang bisa Anda bawa kemana saja dengan mudah.

Keunggulan dari genset Perkins adalag teknologinya yang kedap suara sehingga pada saat genset dinyalakan maka tidak akan menimbulkan suara yang berisik. Jika genset diletakan di luar ruangan tentu akan sangat mengganggu orang-orang di sekitarnya saat dinyalakan karena suaranta yang berisik. Namun dengan adanya teknologi silent ini, maka orang tidak akan merasa terganggu pada saat genset sedang beroperasi. Perkins merancang genset dengan pengoperasiannya yang mudah dan praktis sehingga semua orang bisa menggunakan genset ini dengan mudah. Tidak heran jika genset merk Perkins hadir di berbagai tempat seperti di rumah, kantor, sekolah, rumah sakit, dan pabrik. Dengan modelnya yang terbuka, maka genset Perkins mampu menghasilkan listrik dengan daya yang besar.

Tagged : /

Mengenal AVR Alternator, Prinsip Kerja dan Tanda-tanda Kerusakan serta Cara Mengatasinya

Automatic Voltage Regulator atau yang biasa dikenal dengan AVR merupakan bagian dari generator yang dapat menjaga kesetabilan dari sebuah voltasi tegangan listrik. Jika tegangan listrik tidak seimbang maka akan terjadi hal buruk pada perangkat listrik. Maka salah satu solusinya dengan menggunakan AVR Alternator.
Prinsip Kerja, Fungsi, Tanda-tanda Kerusakan dan Cara Mengatasi AVR Alternator pada Genset
Mungkin masih banyak yang belum tahu tentang prinsip kerja AVR dan fungsinya. Berikut akan dijelaskan secara singkat agar lebih mudah memahaminya.
• Prinsip kerja AVR yakni mengondisikan kuat arus atau yang biasa dinamakan dengan istilah ‘excitary’. Apabila tegangan keluaran pada genset di bagian bawah berada dalam tegangan minimal, maka secara otomatis tegangan bagian luar genset dinaikkan oleh AVR. Begitu pula sebaliknya.
• Fungsi AVR yaitu sebagai pengendali tegangan pada sebuah genset yang beban listriknya sering kali berubah. Maka dari itu sebelum membeli AVR pastikan agar AVR tersebut dapat bekerja dengan optimal saat mengatur naik turunnya tegangan genset. Kapasitas pada AVR harus lebuh tinggi dari daya yang diberi beban.
AVR Altenator adalah sekring dari genset, sekring pada AVR sewaktu-waktu dapat putus jika beban tegangan terlalu besar. Biasanya ini terjadi jika terlalu banyak yang terpasang pada generator tersebut. Lalu seperti apa tanda-tanda AVR mengalami kerusakan dan bagaimana cara mengatasinya? Inilah penjelasan singkatnya:
• Tanda-tanda AVR rusak
1. Terjadinya korslet atau arus pendek
2. Terjadinya keausan pada komponen-komponen pada genset
3. Adanya percikan api yang muncul pada kumparan genset
• Cara mengatasi AVR yang rusak
1. Membersihkan kumparan pada bagian AVR dengan alat kuas yang masih bersih.
2. Membersihkan kawat tembaga sampai mengkilat dengan menggunakan ‘cutter’.
3. Melonggarkan baut pengunci lengan untuk mengatur tegangan kemudian tekan ke arah kumparan trafo dan kuatkan.
AVR alternator merupakan bagian yang terpenting pada generator set. Perangkat tersebut berfungsi untuk menyeimbangkan tegangan listrik. Maka jagalah dengan baik agar AVR tetap bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Apabila melihat ciri-ciri terjadinya kerusakan, maka segeralah melakukan tindakan untuk memperbaikinya.