Mengenal Komponen Penting Pada Genset Mini, Anda Wajib Tahu

Generator set mampu memenuhi kebutuhan daya listrik cadangan harian, sehingga banyak masyarakat yang telah memilikinya. Walaupun kini genset mini sudah tidak asing digunakan dalam kehidupan manusia, nyatanya masih banyak pengguna yang tidak memahami komponen rumit di dalamnya. Untuk memahaminya, silahkan simak ulasan singkat berikut.

Komponen Penting dalam Sebuah Generator Set

1. Altenator

Alternator merupakan komponen pada genset mini yang mampu menghasilkan output listrik. Hasil output tersebut nantinya dialirkan menuju perangkat elektronik lain yang membutuhkan daya listrik untuk beroperasi. Dengan kata lain, komponen satu ini memiliki peranan penting bagi generator set. Apabila terjadi kerusakan, maka alat pembangkit listrik ini tidak dapat berfungsi optimal.

Ketika melihat lebih dalam, Anda akan menemukan stator yang dilengkapi komponen stasioner dan rotor. Keduanya memiliki peran untuk menggerakkan medan magnet di dalam komponennya. Berdasarkan penjelasan singkat tersebut, dapat disimpulkan bahwa alternator pada bertugas untuk menghasilkan listrik agar mesin menyala.

2. Mesin

Generator Set

Mesin pada genset mini merupakan komponen utama dan memegang peranan penting. Setidaknya ada beberapa jenis bahn bakar yang dapat membantu mengoperasikan mesin gensetnya seperti bensin, gas, dan juga solar. Umumnya generator set berkapasitas kecil membutuhkan bensin agar menyala, sedangkan solar digunakan untuk kapasitas genset jauh lebih besar.

3. Tangki Bahan Bakar

Walaupun disebut sebagai alat pembangkit listrik cadangan, nyatanya mesin canggih ini membutuhkan bahan bakar agar beroperasi. Sedangkan tangki bahan bakar sendiri, merupakan wadah khusus untuk menyimpan bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesinnya. Namun perlu diketahui bahwa setiap tipe dan jenis genset, memiliki kapasitas tangki bahan bakar berbeda.

Semakin besar kapasitasnya, maka tangki mampu menampung lebih banyak bahan bakar. Ketika kebutuhan bahan bakar masih tersedia, otomatis mesin dapat menyala lebih lama dibandingkan dengan genset mini lainnya yang memiliki kapasitas penyimpanan kecil. Oleh karenanya, Anda harus memastikan bahwa kapasitas tangki bakar sesuai kebutuhan.

Sebenarnya generator set sendiri terdiri dari sejumlah komponen cukup rumit dan kompleks. Mulai dari tangki bahan bakar, mesin, altenator, voltage regulator, exhaust cooling system, baterai, sytem lubricant, control panel, hingga rangka ada dalam satu tubuh generator set. Ketika salah satu komponennya rusak, maka mesin pembangkit listrik ini tidak dapat beroperasi maksimal.

Tagged :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *