Hindari Kerusakan Dini, Berikut Tips Perawatan Genset Mini Yang Wajib Diketahui

Generator set termasuk salah satu alat canggih yang wajib dimiliki di era modern seperti sekarang. Bahkan kini suda beredar berbagai jenis generator set untuk memenuhi kebutuhan, salah satunya adalah genset mini. Membeli produk kualitas tinggi saja tidak cukup untuk memastikan produk dapat bertahan lama, karena Anda harus memberikan perawatan tepat.

Tips Jitu Merawat Generator Set

1. Lakukan Pengecekan Umum Secara Rutin

Melakukan pengecekan umum secara rutin merupakan langkah perawatan pertama yang harus dilakukan. Pengecekan satu ini bisa dilakukan oleh siapa saja, karena Anda hanya perlu memastikan tidak ada cacat fisik pada permukaan mesinnya. Apabila ditemukan kerusakan, segera lakukan perbaikan atau bahkan menggantinya dengan spare part baru.

Setelah memastikan tidak ada kerusakan, saatnya untuk membersihkan bagian yang kotor. Pembersihan bagian luar generator set membantu mencegah munculnya korosi, terutama ketika tidak sengaja terkena air. Selain itu pastikan penutup tangki bahan bakar genset mini telah tertutup rapat, dan berbagai perawatan sederhana lainnya.

2. Melakukan Perbaikan Standar

Generator Set

Perbaikan standar yang dimaksudkan disini hampir serupa dengan poin pertama, namun sedikit lebih kompleks dan wajib dilakukan secara rutin demi menjaga performa mesinnya. Cara perawatannya cukup mudah, dimana Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk memanaskan mesinnya setidaknya 3 atau 6 bulan sekali jika genset mini sudah lama tidak digunakan.

Ternyata perawatan ini tidak hanya berlaku untuk genset mini saja, namun untuk seluruh jenis generator set yang ada di pasaran. Selanjutnya, Anda harus memperhatikan cerobong keluarnya asap pembakaran genset. Apabila ditemukan kebocoran gas, maka segeralah melakukan perbaikan sebelum memakan korban.

3. Mengganti Komponen yang Rusak

Ketika tingkat kerusakan genset mini cukup parah, sebaiknya Anda meminta tolong kepada tenaga ahli di bidangnya. Cara ini merupakan bentuk antisipasi terhadap resiko kerusakan lebih parah, apabila Anda mencoba memperbaikinya sendiri tanpa bekal yang cukup. Dengan menyerahkan kepada sang ahli, diharapkan genset dapat beroperasi seperti semula.

Membeli genset berkualitas dari merk ternama merupakan impian semua orang. Namun akan berakhir sia sia jika Anda tidak memberikan perawatan rutin sesuai kebutuhannya. Bahkan ketika sudah lama tidak digunakan, sang pemilik harus memberikan perawatan rutin agar performanya tetap sama seperti pertama kali membelinya. Sudahkah Anda melakukannya ?

Tagged :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *