Prinsip Kerja AVR Generator Pada Sistem Self-Excited Generator

Bagi mereka yang paham genset tentu sudah tahu bahwa prinsip kerja AVR generator terbaik listrik AC 3 phase terdapat dua jenis yang disesuaikan dengan sistem excitation pada genset itu sendiri. Jenis pertama yaitu self-excited generator dan jenis yang kedua adalah PMG-excited generator. Perbedaan diantara keduanya pada dasarnya hanya terletak pada penambahan item bernama PMG alias permanent magnet generators. Pada jenis PMG-excited generator tentu merupakan jenis yang menggunakan PMG, sedangkan sebaliknya pada jenis self-excited generator tidak disertai dengan adanya PMG.

Meski sebetulnya sistem excitation dengan adanya PMG lebih baik karena dapat memberikan suplai tegangan yang lebih stabil ke gulungan exciter, tetapi rupanya tidak membuat semua genset menggunakan sistem excitation dengan jenis PMG-Excitated generator. Itulah sebabnya perlu dipahami prinsip kerja dari AVR generator terbaik bagi genset yang sistem excited generatornya menggunakan jenis self-excited generator.

Adapun prinsip kerja secara umum dari AVR generator dengan sistem self-excitated generators adalah sebagai berikut.

  1. AVR menerima tegangan output yang berasal dari gulungan utama genset yang kemudian dijadikan sebagai suplai guna dikirimkan menuju gulungan exciter. Selain itu tegangan alias voltase yang diterima oleh AVR dari gulungan utama dijadikan juga sebagai sensor untuk mengetahui besaran tegangan yang dihasilkan genset.
  2. Besaran tegangan yang dikeluarkan oleh AVR menuju gulungan exciter disesuaikan terlebih dahulu dengan tegangan output generator yang diterima AVR yang berasal dari gulungan utama genset.
  3. Apabila tegangan output yang dihasilkan genset kurang dari tegangan yang diharapkan, maka AVR generator akan mengirim tegangan lebih ke gulungan exciter. Kemudian AVR akan mengurangi suplai tegangan menuju gulungan exciter apabila tegangan output yang dihasilkan genset telah mencapai nilai tegangan yang diharapkan.

Itulah penjelasan singkat tentang mekanisme ataupun prinsip kerja secara umum dari AVR generator pada genset yang menggunakan sistem excitation dengan jenis self-excitated generators. Semoga menjadi informasi bermanfaat bagi pembaca sekalian yang mungkin sedang ragu dalam memilih alat AVR yang tepat pada gensetnya apabila belum terdapat AVR di dalamnya.