Spesifikasi Lengkap Genset Inverter SIlent Honda EU 70is

Belum lama ini Honda mengeluarkan genset yang cukup menarik perhatian di pasar genset tanah air. Genset yang dimaksud merupakan genset yang sudah mengusung teknologi inverter di dalamnya sehingga konsumsi bahan bakarnya cenderung lebih hemat. Genset tersebut diberi nama Honda EU70is yang merupakan kelanjutan dari seri-seri EU sebelumnya. Harga jual genset inverter silent yang satu ini jelas lebih tinggi dibandingkan seri sebelumnya, karena selain kapasitas dayanya yang lebih besar beberapa fitur juga ditambahkan pada seri yang satu ini.

Berbicara mengenai kapasitas daya, maka kiranya siapa saja yang memiliki genset satu ini pasti akan sangat puas. Karena kapasitas daya maksimal dari genset inverter silent satu ini mencapai 7000 watt. Dengan kapasitas daya sebesar itu maka tentu saja semakin banyak pula beban yang bisa ditampungnya, baik untuk menunjang keperluan kelistrikan dalam skala rumah tangga maupun lebih dari itu.

Terkait harga jual genset inverter silent asli Honda yang satu ini, dimulai dari angka tujuh puluhan jutaan rupiah saja. Sehingga menjadikan genset seri yang ini sebagai genset seri EU  paling tinggi harganya. Sekaligus juga sebagai genset berteknologi inverter silent paling tinggi juga dalam keluarga genset Honda. Tetapi semuanya akan terbayar pantas setelah mengetahui spesifikasi lengkap dari genset yang desain nya cukup unik ini.

Di berbagai tempat yang jual genset inverter silent buatan Honda yang satu ini banyak ditemui selebaran yang berisi informasi lengkap mengenai genset ini. Misalnya tentang daya output rata-ratanya yang berada di angka 5000 watt saja tetapi maksimalnya memang 7000 watt. Selain itu  dengan model mesin GX390T2 yang dipasangkan pada genset ini, kiranya sudah cukup jelas menunjukkan betapa dapat diandalkannya genset satu ini.

Untuk menemukan genset EU70is ini memang tidak semudah menemukan genset seri EU yang lain. Pasalnya tidak banyak tempat yang jual genset inverter yang menyediakan genset satu ini dalam stok mereka. Kalaupun mau, maka dilakukan pemesanan terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan harga jual genset inverter silent satu ini yang terbilang amat tinggi, sehingga tidak akan sering terjadi pembelian untuknya.

 

 

 

 

 

Tagged : /

Prinsip Kerja AVR Generator Pada Sistem Self-Excited Generator

Bagi mereka yang paham genset tentu sudah tahu bahwa prinsip kerja AVR generator terbaik listrik AC 3 phase terdapat dua jenis yang disesuaikan dengan sistem excitation pada genset itu sendiri. Jenis pertama yaitu self-excited generator dan jenis yang kedua adalah PMG-excited generator. Perbedaan diantara keduanya pada dasarnya hanya terletak pada penambahan item bernama PMG alias permanent magnet generators. Pada jenis PMG-excited generator tentu merupakan jenis yang menggunakan PMG, sedangkan sebaliknya pada jenis self-excited generator tidak disertai dengan adanya PMG.

Meski sebetulnya sistem excitation dengan adanya PMG lebih baik karena dapat memberikan suplai tegangan yang lebih stabil ke gulungan exciter, tetapi rupanya tidak membuat semua genset menggunakan sistem excitation dengan jenis PMG-Excitated generator. Itulah sebabnya perlu dipahami prinsip kerja dari AVR generator terbaik bagi genset yang sistem excited generatornya menggunakan jenis self-excited generator.

Adapun prinsip kerja secara umum dari AVR generator dengan sistem self-excitated generators adalah sebagai berikut.

  1. AVR menerima tegangan output yang berasal dari gulungan utama genset yang kemudian dijadikan sebagai suplai guna dikirimkan menuju gulungan exciter. Selain itu tegangan alias voltase yang diterima oleh AVR dari gulungan utama dijadikan juga sebagai sensor untuk mengetahui besaran tegangan yang dihasilkan genset.
  2. Besaran tegangan yang dikeluarkan oleh AVR menuju gulungan exciter disesuaikan terlebih dahulu dengan tegangan output generator yang diterima AVR yang berasal dari gulungan utama genset.
  3. Apabila tegangan output yang dihasilkan genset kurang dari tegangan yang diharapkan, maka AVR generator akan mengirim tegangan lebih ke gulungan exciter. Kemudian AVR akan mengurangi suplai tegangan menuju gulungan exciter apabila tegangan output yang dihasilkan genset telah mencapai nilai tegangan yang diharapkan.

Itulah penjelasan singkat tentang mekanisme ataupun prinsip kerja secara umum dari AVR generator pada genset yang menggunakan sistem excitation dengan jenis self-excitated generators. Semoga menjadi informasi bermanfaat bagi pembaca sekalian yang mungkin sedang ragu dalam memilih alat AVR yang tepat pada gensetnya apabila belum terdapat AVR di dalamnya.

Mengenal Komponen Penting Pada Genset Mini, Anda Wajib Tahu

Generator set mampu memenuhi kebutuhan daya listrik cadangan harian, sehingga banyak masyarakat yang telah memilikinya. Walaupun kini genset mini sudah tidak asing digunakan dalam kehidupan manusia, nyatanya masih banyak pengguna yang tidak memahami komponen rumit di dalamnya. Untuk memahaminya, silahkan simak ulasan singkat berikut.

Komponen Penting dalam Sebuah Generator Set

1. Altenator

Alternator merupakan komponen pada genset mini yang mampu menghasilkan output listrik. Hasil output tersebut nantinya dialirkan menuju perangkat elektronik lain yang membutuhkan daya listrik untuk beroperasi. Dengan kata lain, komponen satu ini memiliki peranan penting bagi generator set. Apabila terjadi kerusakan, maka alat pembangkit listrik ini tidak dapat berfungsi optimal.

Ketika melihat lebih dalam, Anda akan menemukan stator yang dilengkapi komponen stasioner dan rotor. Keduanya memiliki peran untuk menggerakkan medan magnet di dalam komponennya. Berdasarkan penjelasan singkat tersebut, dapat disimpulkan bahwa alternator pada bertugas untuk menghasilkan listrik agar mesin menyala.

2. Mesin

Generator Set

Mesin pada genset mini merupakan komponen utama dan memegang peranan penting. Setidaknya ada beberapa jenis bahn bakar yang dapat membantu mengoperasikan mesin gensetnya seperti bensin, gas, dan juga solar. Umumnya generator set berkapasitas kecil membutuhkan bensin agar menyala, sedangkan solar digunakan untuk kapasitas genset jauh lebih besar.

3. Tangki Bahan Bakar

Walaupun disebut sebagai alat pembangkit listrik cadangan, nyatanya mesin canggih ini membutuhkan bahan bakar agar beroperasi. Sedangkan tangki bahan bakar sendiri, merupakan wadah khusus untuk menyimpan bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesinnya. Namun perlu diketahui bahwa setiap tipe dan jenis genset, memiliki kapasitas tangki bahan bakar berbeda.

Semakin besar kapasitasnya, maka tangki mampu menampung lebih banyak bahan bakar. Ketika kebutuhan bahan bakar masih tersedia, otomatis mesin dapat menyala lebih lama dibandingkan dengan genset mini lainnya yang memiliki kapasitas penyimpanan kecil. Oleh karenanya, Anda harus memastikan bahwa kapasitas tangki bakar sesuai kebutuhan.

Sebenarnya generator set sendiri terdiri dari sejumlah komponen cukup rumit dan kompleks. Mulai dari tangki bahan bakar, mesin, altenator, voltage regulator, exhaust cooling system, baterai, sytem lubricant, control panel, hingga rangka ada dalam satu tubuh generator set. Ketika salah satu komponennya rusak, maka mesin pembangkit listrik ini tidak dapat beroperasi maksimal.

Tagged :

Kenali 3 Kegunaan Genset Mini Untuk Penuhi Kebutuhan Listrik Harian

Tidak dapat dipungkiri bahwa genset mini saat ini tengah memegang peranan penting dalam kehidupan manusia di era canggih ini. Selain difungsikan sebagai alat pembangkit listrik cadangan, ternyata alat canggih satu ini juga memiliki berbagai kegunaan. Apa sajakah itu ? Untuk mengenalnya lebih dalam, silahkan simak ulasan berikut.

Kegunaan Generator Set Mini Bagi Kehidupan Manusia

1. Alternatif Penghasil Energi Listrik Cadangan

Fungsi utama dari generator set tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menghasilkan energi listrik cadangan. Ketika terjadi pemadaman listrik mendadak, tentu saja alat ini yang akan dicari untuk pertama kalinya. Selain memenuhi kebutuhan listrik sebuah hunian, ternyata genset mini juga diperlukan untuk berbagai acara.

2. Memenuhi Kebutuhan Suatu Acara

Sudah bukan menjadi rahasia bahwa genset selalu dibutuhkan ketika masyarakat mengadakan suatu acara. Mulai dari acara hiburan seperti mengadakan konser musik hingga pensi, atau pernikahan dan khitanan tentu membutuhkan alat pembangkit listrik satu ini. Berkat adanya mesin canggih ini, seluruh agenda acara dapat berlangsung sesuai rencana.

Bahkan kini tidak sulit menemukan perusahaan yang menyewakan genset demi berbagai kebutuhan. Berbagai jenis dan tipe genset bisa ditemukan disana, mengingat setiap orang memiliki kebutuhan daya watt berbeda beda. Selain menyewanya, tentu akan lebih menguntungkan jika Anda memiliki genset mini secara pribadi.

3. Dibutuhkan Saat Keadaan Darurat

Generator Set Mini

Pernahkah Anda membayangkan apa yang terjadi ketika sebuah bangunan rumah sakit tidak dilengkapi dengan alat pembangkit listrik cadangan ? Kemungkinan berbagai alat medis akan berhenti beroperasi ketika terjadi pemadaman mendadak. Sedangkan masih banyak pasien yang membutuhkan alat tersebut sebagai penyambung hidupnya.

Oleh karena itulah, berbagai gedung yang memiliki peran krusial disarankan memiliki generator set sebagai bentuk antisipasi terjadi musibah yang tidak diinginkan. Bahkan ketika ada bencana di suatu daerah, Anda bisa memanfaatkan genset mini sebagai pembangkit listrik cadangan. Bentuknya yang praktis dan mungil, membuatnya mudah dibawa kemanapun dibutuhkan.

Menyadari pentingnya memenuhi ketersediaan listrik harian, masyarakat pun berbondong bondong membeli generator set sesuai kebutuhannya. Bukan hanya pusat keramaian seperti hotel ataupun kantor, bahkan alat pembangkit listrik ini juga banyak diburu untuk kebutuhan listrik rumah tangga. Dengan kata lain, genset telah memegang peran penting di kehidupan manusia masa kini.

Tagged :

Sudah Tahu Alasan Mengapa Genset Mini Wajib Dimiliki ? Cek Disini !

Generator set sudah tidak asing lagi terlihat di kehidupan sehari hari. Bahkan sudah banyak hunian pribadi yang memiliki genset mini demi memenuhi kebutuhan listriknya, terutama ketika terjadi pemadaman mendadak. Sebenarnya apa yang membuat generator portable begitu menarik dimiliki ? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan simak ulasan berikut.

Alasan Generator Set Portable Wajib Dimiliki

1. Lebih Praktis

Umumnya genset memiliki ukuran cukup besar sehingga cukup sulit membawanya. Sedangkan genset mini yang memiliki bentuk jauh lebih kecil dibandingkan genset konvensional. Jika Anda bertanya tentang berat massa yang dimilikinya, setidaknya generator set satu ini memiliki massa sekitar 25% hingga 50% jauh lebih ringan.

Ringannya beban yang dimilikinya, karena generator inverternya telah menyatu dengan unit generatornya sendiri. Inilah yang membuatnya terasa lebih ringan serta memiliki bentuk lebih ringkas dan praktis dibawa kemanapun. Alhasil pembangkit listrik cadangan ini mudah disimpan di tempat yang aman tanpa memakan banyak tempat.

2. Lebih Hemat Bahan Bakar

Generator Set Portable

Bentuknya saja boleh mungil, namun soal performa tentu saja tidak kalah jauh dengan tipe genset pada umumnya. Walaupun menghasilkan daya listrik cukup tinggi, uniknya alat ini termasuk mesin hemat konsumsi bahan bakar. Hal ini dikarenakan adanya teknologi eco throttle yang membantu menyesuaikan kebutuhan bahan bakar ketika mesin beroperasi.

Ketika daya listrik yang dihasilkan tidak terlalu besar, secara otomatis mesinnya akan menyesuaikan banyaknya bahan bakar yang dibutuhkannya. Dianggap lebih hemat dan efisien, karena waktu kerjanya menjadi lebih lama dibandingkan dengan mesin generator pada umumnya. Ini sudah menjadi alasan kuat mengapa penting memiliki genset mini.

3. Menghasilkan Daya Listrik Berkualitas

Perlu diketahui bahwa alat pembangkit listrik mini ini memiliki distorsi daya kurang dari 2.5%, dan telah dilengkapi microchi pengontrol gelombang. Berkat adanya teknologi tersebut, genset mini mampu menghasilkan daya listrik berkualitas yang tidak kalah jauh dari sumber energi listrik utama. Bahkan lonjakan dayanya cukup kecil, sehingga alat ini aman digunakan.

Itulah beberapa alasan mengapa generator set berbentuk mini ini sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia. Bentuknya memang mungil dibandingkan dengan jenis generator set lainnya, namun daya listrik yang dihantarkan tidak kalah besar. Bahkan bentuknya yang mungil, membuatnya mudah dibawa kemanapun ketika Anda membutuhkannya.

Tagged :

3 Hal Yang Wajib Diperhatikan Ketika Membeli Genset Mini

Dewasa ini, genset mini tengah menjadi pembicaraan hangat di berbagai kalangan berkat kelebihan yang dimilikinya. Walaupun ukurannya cukup mungil, siapa sangka jika alat pembangkit listrik cadangan ini mampu menghantarkan daya cukup besar. Apabila tertarik membelinya, silahkan perhatikan beberapa hal berikut terlebih dahulu.

Hal penting Sebelum Membeli Generator Set Portable

1. Sesuaikan Genset dengan Kebutuhan

Mengetahui besarnya daya listrik yang dibutuhkan setiap harinya, adalah sebuah kewajiban sebelum membeli sebuah generator set. Hal ini perlu diperhatikan, karena kesalahan perhitungan dapat berpengaruh pada mesinnya yang tidak dapat berfungsi optimal. Oleh karenanya, Anda harus menghitungnya kembali untuk mengurangi resiko kesalahan pembelian genset mini.

Cara menghitung besaran daya listrik harian sebenarnya cukup mudah. Dimana Anda hanya perlu menghitung berapa banyak alat elektronik yang digunakan serta daya yang dibutuhkannya untuk beroperasi. Selanjutnya hasil penghitungan semua besaran daya akan memberikan informasi tipe genset yang dibutuhkan.

2. Memilih Bahan Bakar Sesuai

Generator Set Portable

Walaupun memiliki fungsi serupa, ternyata setiap jenis genset mini membutuhkan bahan bakar yang berbeda. Beberapa bahan yang digunakan agar mesin genset menyala antara lain bensin, solar, serta gas. Sayangnya tidak semua bahan bakar tersebut mudah didapatkan, oleh karenanya Anda tidak boleh membelinya sembarangan.

Apabila kesulitan menentukan genset terbaik untuk memenuhi kebutuhan listrik harian, sebaiknya konsultasikan kepada distributor resmi terlebih dahulu. Para penjual umumnya lebih memahami bahan bakar yang dibutuhkan alat pembangkit listrik tersebut. Dengan pemilihan tepat, maka mesin dapat digunakan kapanpun dibutuhkan tanpa terkendala kehabisan bahan bakar.

3. Spare Part Mudah Ditemukan

Sebelum meyakinkan diri untuk membeli genset mini idaman, sebaiknya Anda memastikan bahwa spare part mesinnya mudah diperoleh. Cara ini merupakan langkah antisipasi apabila ditemukan kerusakan pada salah satu komponennya, dan harus segera diganti dengan yang baru. Telah diganti dengan spare part baru, alhasil mesin pembangkit listrik ini dapat berfungsi seperti semula.

Membeli generator set portable ternyata tidak semudah yang dipikirkan, mengingat banyak pertimbangan sebelum membelinya. Mulai dari spare part yang mudah diperoleh, pemilihan bahan bakar, hingga menyesuaikan tipe genset tidak boleh luput dipertimbangkan. Dengan pertimbangan matang, akan membantu Anda dalam memenuhi perawatannya.

Tagged :

Hindari Kerusakan Dini, Berikut Tips Perawatan Genset Mini Yang Wajib Diketahui

Generator set termasuk salah satu alat canggih yang wajib dimiliki di era modern seperti sekarang. Bahkan kini suda beredar berbagai jenis generator set untuk memenuhi kebutuhan, salah satunya adalah genset mini. Membeli produk kualitas tinggi saja tidak cukup untuk memastikan produk dapat bertahan lama, karena Anda harus memberikan perawatan tepat.

Tips Jitu Merawat Generator Set

1. Lakukan Pengecekan Umum Secara Rutin

Melakukan pengecekan umum secara rutin merupakan langkah perawatan pertama yang harus dilakukan. Pengecekan satu ini bisa dilakukan oleh siapa saja, karena Anda hanya perlu memastikan tidak ada cacat fisik pada permukaan mesinnya. Apabila ditemukan kerusakan, segera lakukan perbaikan atau bahkan menggantinya dengan spare part baru.

Setelah memastikan tidak ada kerusakan, saatnya untuk membersihkan bagian yang kotor. Pembersihan bagian luar generator set membantu mencegah munculnya korosi, terutama ketika tidak sengaja terkena air. Selain itu pastikan penutup tangki bahan bakar genset mini telah tertutup rapat, dan berbagai perawatan sederhana lainnya.

2. Melakukan Perbaikan Standar

Generator Set

Perbaikan standar yang dimaksudkan disini hampir serupa dengan poin pertama, namun sedikit lebih kompleks dan wajib dilakukan secara rutin demi menjaga performa mesinnya. Cara perawatannya cukup mudah, dimana Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk memanaskan mesinnya setidaknya 3 atau 6 bulan sekali jika genset mini sudah lama tidak digunakan.

Ternyata perawatan ini tidak hanya berlaku untuk genset mini saja, namun untuk seluruh jenis generator set yang ada di pasaran. Selanjutnya, Anda harus memperhatikan cerobong keluarnya asap pembakaran genset. Apabila ditemukan kebocoran gas, maka segeralah melakukan perbaikan sebelum memakan korban.

3. Mengganti Komponen yang Rusak

Ketika tingkat kerusakan genset mini cukup parah, sebaiknya Anda meminta tolong kepada tenaga ahli di bidangnya. Cara ini merupakan bentuk antisipasi terhadap resiko kerusakan lebih parah, apabila Anda mencoba memperbaikinya sendiri tanpa bekal yang cukup. Dengan menyerahkan kepada sang ahli, diharapkan genset dapat beroperasi seperti semula.

Membeli genset berkualitas dari merk ternama merupakan impian semua orang. Namun akan berakhir sia sia jika Anda tidak memberikan perawatan rutin sesuai kebutuhannya. Bahkan ketika sudah lama tidak digunakan, sang pemilik harus memberikan perawatan rutin agar performanya tetap sama seperti pertama kali membelinya. Sudahkah Anda melakukannya ?

Tagged :