Mengenal jenis Panel AMF ATS

Panel AMF ATS yaitu panel yang terdapat di dalam genset yang membantu cara kerja genset secara otomatis. Penggunaan panel ini membantu dan mempermudah  dalam penggunaan genset, namun pemasangannya tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang. Pemasangan panel AMF ATS terbaik hanya dilakukan oleh orang-orang yang ahli dalam bidangnya, karena jika pemasangannya dilakukan oleh sembarang orang maka akan terjadi kesalahan jaringan yang  membahayakan bahkan terjadi kebakaran. Panel ini ternyata memiliki tiga jenis yaitu :

  1. Menggunakan Kontaktor

Dalam jenis panel ini dibutuhkan kontaktor sebagai alat gerak, kontaktor berguna jika panel mendapatkan aliran listrik, baik yang berasal dari PLN maupun genset. Tetapi jenis panel yang menggunakan kontaktor lebih mudah mengalami kerusakan karena jika sudah salah satu kontaktor rusak maka panel sudah tidak digunakan. Jika ingin digunakan maka kontaktor harus diperbaiki terlebih dahulu. Jenis panel yang menggunakan kontaktor harganya lebih murah dibanding jenis lainnya.

  1. Menggunakan COS Motorized

Motorized memiliki arti Motor Change Over Switch yang berarti bahwa panel ini bergerak menggunakan motor dimana motor akan berfungsi jika terdapat aliran listrik baik dari PLN maupun genset. Jenis panel COS Motorized dinilai lebih aman dibanding menggunakan kontaktor karena jika terjadi gangguan dalam COS Motorized masih bisa digunakan secara manual. Tetapi harga jenis panel ini lebih mahal dibanding menggunakan panel jenis kontaktor. Meskipun demikian penggunaan panel COS Motorized bisa digunakan dalam waktu yang lama dan jauh lebih aman dibanding kontaktor.

  1. Menggunakan MCBB

Jenis panel ini digerakkan menggunakan Motorized MCBB. MCBB merupakan singkatan dari Moulded Case Circuit Breaker, adanya MCBB digunakan untuk memutus tegangan dan sudah dilengkapi dengan pengaman jika terjadi kesalahan jaringan. Jenis panel ini membutuhkan biaya yang besar sehingga sebagian besar penggunaannya untuk daya listrik yang besar.

 

Dari ketiga jenis panel AMF ATS memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk penggunaan ketiga jenis panel tersebut bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing setiap orang.