3 Tips Memilih Genset Rumahan Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Berbicara seputar dunia listrik, pasti anda semua sudah tidak asing lagi dengan alat yang bernama generator set atau yang biasa kita kenal dengan sebutan genset. Genset memang sudah banyak digunakan oleh masyarakat untuk berbagai macam kebutuhan baik pribadi maupun kebutuhan bisnis. Genset sendiri memiliki dua tipe, yang pertama adalah genset open dan yang kedua adalah genset silent. Masing-masing genset memiliki fungsi, kelebihan dan kekurangan tersendiri. Genset open lebih cocok digunakan untuk open space atau ruangan terbuka. Hal ini dikarenakan genset open menghasilkan suara yang sangat berisik dan dapat mengganggu jika ditempatkan dalam ruangan. Perbedaan yang paling mencolok dari kedua jenis genset ini adalah dari segi bentuk dan juga fungsinya. Dari segi bentuk, genset open tidak memiliki kotak pelindung atau kanopi untuk melindungi mesin genset tersebut. Hal ini menyebabkan genset open cenderung memiliki suara yang lebih berisik ketimbang genset silent. Sedangkan genset silent, memiliki kanopi pelindung yang membuatnya lebih sedikit mengeluarkan suara berisik. Genset open lebih cocok untuk dipakai pada lingkungan terbuka seperti pabrik dan sebagainya. Karena di tempat-tempat tersebut lah genset open tidak memiliki masalah dengan suara berisik yang dieluarkan. Sedangkan genset silent, lebih cocok untuk tempat tempat yang tertutup seperti dalam ruangan untuk hotel, perkantoran, dan lain sebagainya. Genset yang umum digunakan sebagai genset rumahan terbaik adalah genset open. Hal ini dikarenakan masyarakat tidak terlalu sering menggunakan genset untuk kebutuhan hariannya. Mereka hanya menggunakan genset tersebut untuk acara tertentu yang membutuhkan banyak daya listrik, maupun pada saat dalam keadaan darurat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli genset. Hal ini wajib untuk diperhatikan mengingat anda tidak bisa sembarangan dalam memilih genset untuk kebutuhan anda. Berikut adalah beberapa tips memilih genset yang sesuai kebutuhan.

  1. Perhatikan Merk

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum membeli genset rumahan adalah perhatikan merk dari genset tersebut. Pastikan genset yang anda beli sudah terkenal dan banyak digunakan dn di percaya orang. Dengan begitu anda tidk permu memikirkan lagi soal kualitasnya. Karena biasanya genset yang memiliki merk yang terkenal dan sudah laris di pasaran memiliki kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa melihat list merk apa saja yang sudah terkenal di Indonesia dari internet atau bisa juga dengan mengunjungi langsung situs resminya yang datanya juga bisa anda temukan lewat internet.

 

  1. Perhatikan Harga

Hal kedua yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli genset adalah harga jualnya. Pastikan anda selalu memantau naik turunnya harga pasaran dari beberapa merk genset di Indonesia. Harga pasaran tersebut selalu bisa anda jadikan patokan untuk perbandingan genset mana yang nantinya akan anda beli. Selain itu, jangan mudah tergiur dengan toko yang menawarkan harga miring namun sangat jauh dari harga pasaran. Bisa jadi hal tersebut dkarenakan kualitas barang yang sudah tidak lagi baik, ataupun mungkin barang memiliki beberapa kecacatan yang membuat harganya jatuh begitu miring.

 

  1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Belilah genset yang memang sesuai dengan kebutuhan daya listrik anda. Jangan beli genset yang terlalu besar dan terlalu kecil. Pastikan anda sudah menghitung terlebih dahulu kira-kira berapa daya listrik tambahan yang akan anda butuhkan.

 

Begitulah penjelasan mengenai 3 tip memilih genset rumahan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga artikel kali ini dapat memberikan anda informasi lebih mengenai tips-tips yang bisa anda terapkan dan perhatikan dalam memilih genset mana yang akan anda beli.

Tagged : /